-->

Materi dan Pengertian Jenis Jenis Operasi (Binary Tree) dalam struktur data

Materi Jenis-jenis Operasi

  1. Binary Tree Binary tree adalah tree dengan syarat tiap node hanya boleh memiliki maksimal dua subtree tersebut harus terpisah. Sesuai dengan defenisi tersebut, maka tiap node dalam binary tree hanya boleh memiliki paling banyak dua child.  Jenis-jenis Binary Tree
    1. Full Binary Tree, yaitu Binary Tree yang tiap nodenya ( kecuali leaf) memiliki dua child dan tiap subtree harus mempunyai panjang path yang sama.
    2. Complete Binary Tree, Mirip dengan Full Binary Tree, namun tiap subtree boleh memiliki panjang path yang berbeda. Node kecuali leaf memiliki 0 atau 2 child.
    3. Skewed Binar Tree, Yakni Binary Tree yang semua nodenya(kecuali leaf) hanya memiliki satu child.
    Implementasi Binary Tree Binary Tree dapat diimplementasikan dalam pascal dengan menggunakan double linked list. Untuk nodenya, bisa dideklarasikan sbb:
    • Create, Yakni membentuk binary tree baru yang masih kosong
    • Clear, mengosongkan binary tree yang sudah ada
    • Empty, fungsi untuk memeriksa apakan binary tree masih kosong
    • Insert, memasukkan sebuah node kedalam tree. Ada tiga pilihan insert, yaitu Root, Left, dan Child. Khusus insert Root, tree harus dalam keadaan kosong.
    • Find, mencari Root, parent, left, child, atau right child dar suatu node. (tree tidak boleh kosong
    • Update, mengubah isi dari node yangditunjuk oleh pointer current. (tree tidak boleh kosong)
    • Retrieve, mengetahui isi dari node yang ditunjuk pointer current. (tree tidak boleh kosong)
    • DeleteSub, menghapus sebuah subtree (node beserta seluruh descendantnya) yang ditunjuk current. (tree tidak boleh kosog). Setelah itu pointer current akan bepindah ke parent dari node yang dihapus
    • Characteristich, mengetahui karakteristik darisuatu tree, yakni size, height, serta average lengthnya. Tree tidak boleh kosong. (average length = [jumlah nodeLv1*1*jumlah nodeLv2+….+jumlah nodeLv*n].
    • Traverse, mengunjungi seluruh node-node pada tree, masing-masing sekali. Hasilnya adalah urutan informasi secara Linier yang tersimpan dalam tree.
  2. Binary Search Tree Adalah binary tree dengan sifat bahwa semua left child harus lebih kecil dari right child dan parentnya. Juga semua right child harus lebih besar dari left child serteparentnya. Binary search tree dibuat untuk mengatasi kelemahan pada binary tree biasa, yaitu kesulitan dalam searching / pencarian node tertentu dalam binary tree.  Pada dasarnya, operasi dalam binary search tree dama dengan binary tree biasa, kecuali pada operasi insert, update, dan delete.
    1. Operasi insert, Pada binary search tree, insert dilakukan setelah ditemukan lokasi yang tepat. (loksi tidak ditemukan oleh user sendiri )
    2. Operasi search, Seperti pada binary tree, biasa, namun disini. Update akan berpengaruh pada posisi node tersebut selanjutnya. Bila setelah diupdate mengakibatkan tree tersebut bukan binary  search tree lagi, maka harus dilakuakn perubahan pada tree dengan melakukan perubahan rotasi supaya tetap menjadi binary  seacrh tree.
    3. Operasi Delete, Seperti halnya update, delete dalam binary search tree juga turut mempengaruhi struktur dati tree tersebut. Pada operasi delete, diakukan terhadap node dengan 2 child, maka untuk menggantikannya, diambil node paling kiri dari right subtree
jangan lupa untuk baca artikel berkaintan sebelumnya agar wawasan anda semakin luas mengenai struktur data nah jangan lupa untuk membaca artikel berkaitan kami tentang tentang Queue atau Antrian atau Linked List atau Untaian Metode dasar atau komsep dasar

0 Response to "Materi dan Pengertian Jenis Jenis Operasi (Binary Tree) dalam struktur data"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel